-->

Cara aman dan benar menghidupkan komputer atau laptop


Hallo!! sobat masih bersama dengan saya, Gimana kabarnya mudah-mudah sehat-sehat semua ya??kali ini saya akan menjelaskan Cara aman dan benar menghidupkan komputer atau laptop .Cara menyalakan berlaku untuk semua komputer desktop (PC), laptop, notebook, dan sejenisnya. Mereknya juga bebas, baik Dell, Asus, Lenovo, HP, dan lain sebagainya.



Karena pada dasarnya menghidupkannya hanyalah pencet tombol power. Walaupun cuman begitu, ada beberapa orang ada yang tidak bisa. Untuk lebih jelasnya kita ikuti sebagai berikut:

1. Pastikan sumber daya sudah terpasang

Semua barang elektronik tidak akan bisa menyala kalau tidak ada daya listrik. Berlaku juga dengan komputer. PC pada umumnya terhubung langsung dengan stop kontak, berbeda dengan notebook menggunakan baterai. Tetapi apabila habis, laptop /notebook juga butuh listrik, dengan cara di-charge.

Pastikanlah semua kabel komputer sudah terhubung dengan pen-suplay daya sebelum Anda mencoba menghidupkan komputer dan laptop. Karena kalau tidak, apabila ditekan dengan keras dan beberapa kali pun tidak akan menyala. Jika tidak menyadarinya, bisa jadi di kira rusak.

Hati-hati dengan keadaan seperti itu. Karena bukan tidak mungkin membuat kesal. Kalau sudah seperti itu, sementara banyak pekerjaan menanti, bukan tidak mungkin Anda marah dan kemudian menepuk-nepuk laptop atau komputer dengan keras sambil berharap bisa menyala. Atau yang lebih parah, dengan polos Anda membawa ke tukang service.

2. Pencet tombol power satu kali saja

Bahwa cara menghidupkan komputer atau laptop denagn baik dan benar cukup menekan tombol power satu kali saja. Tidak berulang kali dan sekuat-kuat memencetnya. Anda juga butuh kesabaran untuk menunggu sampai benar-benar menyala.

PC dan notebook tidak semua akan langsung merespon saat dihidupkan. Namun ada beberapa yang membutuhkan waktu beberapa detik bahkan hampir menit. Untuk durasi responpun setiap komputer beda-beda. Ada yang lama, ada pula yang cepat. Kita kembalikan ke kondisi PC atau notebook yang kita pakai.

3. Bersabarlah menunggu loading sistem

Setelah memencet tombol power satu kali pada PC atau leptop Anda yang di butuhkan selanjutnya cukup bersabar saja. Jangan melakukan apapun pada PC atau leptop. Baik klik-klik, menggeser pointer dengan mouse, ataupun refresh.

Salah satu cara agar bisa mempercepat loading sistem adalah mengganti spesifikasi yang lebih tinggi, gunakan sistem operasi Windows terbaru, update pembaharuan, kurangi atau hapus aplikasi tidak terpakai, dan pastikan tidak ada virus pada komputer tersebut.

4. Tunggu sampai sistem operasi siap digunakan

Setelah layar monitor sudah menyala/sudah ada tampilannya. Biasanya yang muncul pertama ialah icon pointer atau kursor disertai lingkaran kecil berputar-putar. Ataupun menampilkan wallpaper. Pada tahap ini pun bukan berarti Anda sudah boleh mengoperasikan komputer tersebut.

Kenapa? Karena sistem belum benar-benar siap digunakan. Kapan waktu yang tepat? perhatikanlah semua short cut dan icon pada taskbar di bawah layar. Jika sudah muncul semua berarti sudah siap. Apabila belum atau masih satu per satu, lebih baik diamkan saja, jangan melakukan klik-klik ke layar. Karena sama saja Anda menyuruh cepat bekerja dengan paksa.

Itulah Cara aman dan benar menghidupkan komputer atau laptop. Intinya harus bersabar menunggu kesiapan sistem dulu demi menjaga keawetan hardware dan software komputer itu sendiri. Kalau ingin cepat, silakan upgrade spesifikasi dan sistem operasi yang lebih tinggi.

Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara aman dan benar menghidupkan komputer atau laptop "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel